Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kabupaten Kampar.

Zulma Nur Sofia, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Zulma Nur Sofia, (2021):Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran problem based learning di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 18 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya. Objek penelitian ini adalah model problem based learning dan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini diaksanakan 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa, sebelum tindakan 5 orang siswa atau 27,78% berada pada kategori kurang sekali, 8 orang siswa atau 44,44% berada pada kategori kurang, 1 orang siswa atau 5,56% berada pada kategori cukup baik, dan hanya 4 orang siswa atau 22,22% berada pada kategori komunikasi matematis baik. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran problem based learning pada siklus I kemampuan komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan, 6 orang siswa atau 33,33% berada pada kategori baik sekali, 3 orang siswa atau 16,67% pada kategori baik, 1 orang siswa atau 5,56% pada kategori cukup baik, 4 orang siswa atau 22,22% pada kategori kurang, dan 4 orang siswa juga atau 22,22% pada kategori kurang sekali. Pada siklus II kemampuan komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan dibanding siklus I, yaitu 9 orang atau 50% berada pada kategori baik sekali, 4 orang siswa atau 22,22% pada kategori baik, 3 orang siswa atau 16,67% pada kategori cukup baik, dan 2 orang siswa atau 11,11% pada kategori kurang. Pada siklus II kemampuan komunikasi matematis siswa mampu mencapai target keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran Matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kabupaten Kampar Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Apr 2021 01:54
Last Modified: 19 Apr 2021 01:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48178

Actions (login required)

View Item View Item