PENGARUH PENERAPAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 KERUMUTAN KABUPATEN PELALAWAN

Atiqoh Indah Nihayati, (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 KERUMUTAN KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan penerapan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa yang belajar menggunakan strategi REACT dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kerumutan, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu kali pertemuan mengadakan pretest, empat kali pertemuan menerapkan strategi REACT dan satu kali pertemuan mengadakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji F untuk melihat homogenitas data, kemudian untuk menguji hipotesis digunakan rumus tes”t”. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam penalaran matematis antara siswa yang menggunakan strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kerumutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 13 May 2016 15:57
Last Modified: 13 May 2016 15:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4806

Actions (login required)

View Item View Item