Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS GAYA PENULISAN ARTIKEL TEMA PENDIDIKAN DI SURAT KABAR HARIAN RIAU POS

Melba Ferry Fadly (2014) ANALISIS GAYA PENULISAN ARTIKEL TEMA PENDIDIKAN DI SURAT KABAR HARIAN RIAU POS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Artikel pendidikan adalah sebuah karya tulis lengkap mengupas seluk beluk peristiwa atau isu pendidikan yang lagi hangat diperbincangkan. Ada empat gaya penulisan artikel yang biasa terbit di media massa, yaitu; gaya penulisan ekposi, diskripsi, narasi dan argumentasi. Media sebagai sarana penyalur informsi , hiburan, mendidik dan kontrol sosial tentunya memiliki peran penting dalam menjalankan keempat fungsi tersebut. Artikel tema pendidikan yang terbit disurat kabar harian Riau Pos merupakan kesempatan yang disajikan media untuk penulis lepa, dalam hyal mengkritisi dan menyalurkan kemampuan untuk peka terhadap lingkungan sekitar. Oleh sebab itu penelitian ini mengangkat judul Analisis Gaya Penulisan Artikel Tema Pendidikan di Surat Kabar Harian Riau Pos. Penelitian ini menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif, untuk mengetahui gaya apa yang digunakan dalam penulisan artikel pendidikan yang terbit di surat kabar harian Riau Pos. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi. Dengans elanjutnya memaparkan menggambarkan dan menjelaskan gaya yang digunakan dalam penulisan artikel yang sudah dikumpulkan. Data yang diperoleh digambarkan dalam bentuk data dan kalimat, kemudian dikelompokkan kategori untuk ditarik kesimpulan Dari hasil analisis yang dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa artikel tema pendidikan sebagian besar menggunakan gaya penulisan ekposisi, dimana penulis cenderung memberikan penjelasan, mengklarifikasi serta mengevaliasi dengan teknik pengembangan paragraf. Tulisan tersebut didukung dengan pemaparan proses, contoh, cara, sebab akibat. Akurasi data yang dipaparkan cukup akurat, dan penyajian datanya agak berat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 13 May 2016 08:59
Last Modified: 13 May 2016 08:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4800

Actions (login required)

View Item View Item