PERSEPSI GURU TERHADAP AKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI MADRASAH TSANAWIYAH DAREL HIKMAH PEKANBARU

Darusman, (2011) PERSEPSI GURU TERHADAP AKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI MADRASAH TSANAWIYAH DAREL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011612-.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Beragamnya pandangan para guru terhadap aktivitas supervisi kepala sekolah di MTs Darul Hikmah Pekanbaru merupakan latar belakang dalam penelitian ini. Sedangkan bentuk penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui Persepsi Guru Terhadap Aktivitas Supervisi Kepala Sekolah di MTs Darul Hikmah Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhi Persepsi Guru Terhadap Aktivitas Supervisi Kepala Sekolah di MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah para guru di MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah “Persepsi Guru Terhadap Aktivitas Supervisi Kepala Sekolah di MTs Darul Hikmah Pekanbaru”. Populasi dari penelitian ini adalah berjumlah 71 orang dan penelitian ini tidak menggunkan sampel karena terjangkaunya jumlah populasi. Teknik pengumpulan dalam penyaringan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada guru-guru untuk memperoleh data tentang Persepsi Guru Terhadap Aktivitas Supervisi Kepala Sekolah di MTs Darul Hikmah Pekanbaru dan wawancara untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Analisa data yang digunakan adalah data diskriptif kualitatif Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi Guru Terhadap Aktivitas Supervisi Kepala Sekolah di MTs Darul Hikmah Pekanbaru dapat dikategorikan “Sangat Baik” yaitu dengan persentase 83.16 % yang berada pada rentang 76%-100%. Sangat Baiknya Persepsi Guru Terhadap Aktivitas Supervisi Kepala Sekolah di MTs Darul Hikmah Pekanbaru dipengaruhi oleh faktor-faktor: (1) Latar belakang pendidikan para guru yang rata-rata adalah S1 dari berbagai macam Universitas di Indonesia. (2) Lamanya pengalaman menjabat sebagai tenaga pendidik dan pengetahuan yang cukup terhadap peran dan fungsi kepala sekolah sebagai supervisor. (3) Dalam melaksanakan tugas sebagai supervisi, kepala sekolah di dukung dengan sarana dan prasarana yang mendukung dan cukup memadai. (4) Faktor dari pribadi guru itu sendiri yaitu walaupun tidak semua guru yang berasal dari latar belakang pendidikan keguruan namun semangat kerja dan selalu menerima arahan dan bimbingan dari kepala sekolah dan kerja sama baiak dengan kepala sekolah maupun sesama guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:47
Last Modified: 07 Jan 2016 08:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item View Item