PENERAPAN METODE ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 030 SIBUAK KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Ernaneli, (2010) PENERAPAN METODE ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 030 SIBUAK KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011189.pdf

Download (783kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Reseach) dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 030 Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar , penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 030 Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Untuk meningkatkan Aktivitas belajar siswa maka pada penelitian ini digunakan metode artikulasi dalam pelajaran PAI siswa kelas IV di SDN 030 Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah penerapan metode artikulasi dalam meningkatkan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas IV SDN 030 Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan balk tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pelajaran PAI, Dimana sebelum diterapkannya metode artikulasi, keaktifan siswa memperoleh persentase rata-rata sebesar 46% siswa yang aktif. Namun setelah diterapkannya strategi tersebut, keaktifan siswa meningkat menjadi 61%. Sedangkan pada sikklus kedua, keaktivan siswa tercapai pada persentase rata-rata 80% dengan demikian penggunaan metode artikulasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN 030 Sibuak Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum > 375.001 Perkembangan Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 06:02
Last Modified: 21 Dec 2015 06:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item