Nurmalasari (2014) PELAKSANAAN BIMBINGAN SOSIAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL ANAK DI PANTI ASUHAN AL AKBAR PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (30kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Di mana pun manusia berada, mereka tidak akan lepas dari lingkungan masyarakatnya. Mereka melakukan hubungan dengan orang lain sebagai bentuk dari interaksi sosialnya. Sama halnya di lingkungan panti asuhan yang didirikan untuk membina dan mendidik anak-anak yang berlatar belakang kurang sempurna dari segi kekeluargaan, seperti anak yatim, piatu, miskin, dan terlantar. Di panti asuhan, kepribadian anak-anak dapat dibentuk menjadi anak yang mandiri dan memilik konsep diri agar mereka memiliki masa depan yang cerah. Oleh daripada itu, maka perlu adanya sebuah layanan bimbingan yang dapat menjadikan anak-anak tersebut menjadi seseorang yang potensial, tangguh, dan melaksanakan fungsinya sebagai makhluk yang bermasyarakat secara wajar, salah satunya dengan adanya bimbingan sosial yang dilakukan di Panti Asuhan Al Akbar Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan bimbingan sosial dalam upaya meningkatkan interaksi sosial anak di Panti Asuhan Al Akbar Pekanbaru dan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan bimbingan sosial dalam upaya meningkatkan interaksi sosial anak di Panti Asuhan Al Akbar Pekanbaru. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat pelaksanaan bimbingan sosial dalam upaya meningkatkan interaksi sosial anak di Panti Asuhan Al Akbar Pekanbaru dan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan sosial dalam upaya meningkatkan interaksi sosial anak di Panti Asuhan Al Akbar Pekanbaru. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 1 (satu) orang pembimbing dan 4 (empat) orang anak di Panti Asuhan Al Akbar Pekanbaru. Dalam penelitian ini data akan dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan menjelaskan dan menggambarkan data apa adanya dengan kata-kata sehingga dapat dipahami dengan jelas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan sosial dalam upaya meningkatkan interaksi sosial anak di Panti Asuhan Al Akbar Pekanbaru berjalan dengan kurang baik, dikatakan demikian karena bimbingan yang dilakukan masih terdapat beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya, seperti tidak terlaksananya bimbingan sesuai dengan jadwal yang teah ditetapkan, sehingga terkadang harus ditunda atau dibatalkan serta kurangnya buku-buku penunjang bimbingan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 13 May 2016 07:10 |
Last Modified: | 13 May 2016 07:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4797 |
Actions (login required)
View Item |