Erfina Liza (2014) PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (47kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Sebagai manusia biasa manusia tidak lepas dari salah dan keliru dalam bertindak. Untuk itu sangat dibutuhkan bimbingan untuk membangkitkan kembali keterpurukan yang diakibatkan oleh kesalahan dan kekeliruan tersebut. Begitu juga yang terjadi pada siswa MTsN Rambah yang cenderung melakukan hal-hal yang pada akhirnya mengurangi motivasi untuk belajar. Salah satu yang ditempuh adalah memperoleh Bimbingan dan Konseling Islam dalam memotivasi belajar siswa. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran bimbingan dan konseling Islam dalam memotivasi belajar siswa MTsN Rambah? Berdasarkan permasalahan yang dijelaskan diatas, maka penulis telah mengadakan penelitian untuk mencari jawaban yang ditulis dalam bentuk karya tulis ilmiah, untuk memperoleh data tersebut penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu, Angket, Wawancara serta dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah guru BK dan siswa kelas VIII 1 yang pernah diberi Motivasi dan objek penelitian adalah peran bimbingan dan konseling Islam dalam memotivasi belajar siswa MTsN Rambah. Populasi penelitian ini guru BK dan siswa kelas VIII 1 sedangkan menjadi sampel dalam penelitian ini diambil keseluruhan dari populasi yaitu siswa kelas VIII 1 sebanyak 34 orang. Selanjutnya berdasarkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan penyebaran Angket dan Wawancara. Data yang disajikan serta dianalisa dapat diambil kesimpulan bahwa peran bimbingan dan konseling Islam dalam memotivasi belajar siswa MTsN Rambah adalah dikatakan berperan dimana hasil dari rekapitulasi data mendapatkan jawaban dari siswa yaitu 90%. Hal ini dapat ditandai dengan adanya respon baik dari siswa, dengan ini dapat dikatakan bimbingan dan konseling sudah berperan dalam memotivasi belajar siswa MTsN Rambah kabupaten Rokan Hulu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 13 May 2016 07:06 |
Last Modified: | 13 May 2016 07:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4788 |
Actions (login required)
View Item |