PENGAWASAN KEPALA MADRASAH TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Ike Meisusdawati, (2011) PENGAWASAN KEPALA MADRASAH TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011599.pdf

Download (423kB) | Preview

Abstract

Tugas-tugas guru sangatlah berat hendaknya dalam melaksanakan proses pembelajaran perlu adanya pengawasan oleh kepala madrasah itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengawasan kepala madrasah terhadap proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangean kabupaten Kuantan Singingi dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pengawasan kepala madrasah terhadap proses pembelajaran tersebut. Subjek utama penelitian ini adalah kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangean dan subjek pendukung adalah guru-guru. Sedangkan objek penelitian ini adalah pengawasan kepala madrasah terhadap proses pembelajaran di Madarasah Tsanawiyah Negeri Pangean. Jumlah dalam populasi penelitian ini adalah satu orang kepala madrasah dan 30 orang guru. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Angket disusun terdiri dari 15 pertanyaan yang diajukan kepada guru-guru, dan wawancara dengan 18 pertanyaan yang diajukan kepada kepala madrasah itu sendiri. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangean kabupaten Kuantan Singingi dapat disimpulkan bahwa pengawasan kepala madrasah terhadap proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangean Kabupaten Kuantan Singingi tergolong baik. Ada beberapa faktor yang mendukung pengawasan kepala madrasah terhadap proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pangean Kabupaten Kuantan Singingi, yaitu a. Faktor latar belakang pendidikan yang sesuai, b. Faktor pengalaman yang cukup, c. Faktor pembinaan dari pengawas pusat yang rutin, d. Faktor kerja sama yang baik antara kepala madrasah dengan guru-guru. Sedangkan faktor yang menghambat pengawasan kepala madrasah terhadap proses pembelajaran, yaitu kurangnya komunikasi yang lancar dengan guru guru serta kurangnya waktu kepala madrasah untuk mengadakan tukar pendapat dengan para guru-guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:46
Last Modified: 07 Jan 2016 08:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item View Item