Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Strategi Artikulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar

Wiranti, - (2021) Penerapan Strategi Artikulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wiranti, (2021) : Penerapan Strategi Artikulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Keterampilan berbicara siswa pada tema peduli terhadap makhluk hidup muatan pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan strategi artikulasi kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 22 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar, dan objeknya adalah penerapan strategi Artikulasi untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi artikulasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari grafik peningkatannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa hanya 50,75 atau berada pada kategori Kurang tinggi. Kemudian setelah strategi artikulasi dilakukan, pada siklus I pertemuan pertama rata-ratanya naik menjadi 52,12, dan pada pertemuan kedua naik lagi menjadi 57,27. kemudian pada siklus II pertemuan ketiga keterampilan berbicara siswa juga meningkat menjadi 73,48 dan pada pertemuan keempat rata-ratanya mencapai 79,24 atau berada pada kategori Tinggi. Dengan demikian dapat disimpukan bahwa dengan penerapan strategi artikulasi dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema peduli terhadap makhluk hidup pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 014 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Kata kunci : Strategi Artikulasi, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Mar 2021 05:21
Last Modified: 30 Mar 2021 05:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47764

Actions (login required)

View Item View Item