Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FENOMENA TAKHBIB DAN SOLUSINYA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (KAJIAN TEMATIK KONTEKSTUAL)

ZULHABIBAH, - (2021) FENOMENA TAKHBIB DAN SOLUSINYA DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (KAJIAN TEMATIK KONTEKSTUAL). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-BAB 5 TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas mengenai fenomena takhbib dan solusinya dalam perspektif al-Qur’an. Takhbib merupakan perbuatan yang memiliki tujuan menggoda atau merayu istri seseorang agar wanita tersebut bercerai dengan suaminya, benci dan menjauhi suaminya tersebut ataupun juga sebaliknya. Takhbib hukumnya menurut sebagian ulama adalah termasuk dosa besar, karena menyebabkan rumah tangga pasangan muslim menjadi hancur dan tercerai-berai. Takhbib secara bahasa berarti menipu, namun ini menjadi istilah yang digunakan oleh Nabi ﷺ dalam menggambarkan fenomena merebut istri seseorang. Terdapat sepuluh ayat al-Qur’an dalam skripsi ini sebagai objek pengkajian takhbib, beberapa surah al-Qur’an seperti al-Tahrim ayat 6, surah al-Nisa’ ayat 19, 34 dan 35, surah al-Nur ayat 30, 31, dan 32, surah al-Ahzab ayat 33, dan surah al-Tagabun ayat 14. Maka skripsi ini mengkaji pandangan mufassir serta menyimpulkan fenomena dan solusi dari takhbib dalam perspektif al-Qur’an. Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (library research) dan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi tematik kontekstual (maudhu’i). Data-data yang terkait dengan studi ini dikumpulkan melalui studi pustaka dengan pendekatan analisis data kualitatif. Penelitian ini disajikan dengan teknis analisis deskriptif, yaitu dengan menjelaskan ayat perayat yang berhubungan, dengan merujuk pada al-Qur’an sebagai data primer dan buku-buku literatur yang berkaitan sebagai data sekunder. Adapun hasil penelitian ini adalah dalam menyikapi fenomena terjadinya takhbib, al-Qur’an hadir memberikan solusi dan jalan keluar secara gamblang dalam menghadapi desas-desus kesempoyongannya bahtera rumah tangga, Allah mendeklarasikan peran penting suami dalam rumah tangga yang tersebar dalam beberapa surah, dan perintah Allah kepada para istri untuk tetap di rumah dan menjaga kehormatan suaminya serta pesan Allah ketika terjadinya takhbib adalah dengan berpegang kepada surah al-Nisa ayat 34 dan 35. Kata Kunci : Fenomena, Takhbib, Solusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 30 Mar 2021 04:28
Last Modified: 30 Mar 2021 04:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47739

Actions (login required)

View Item View Item