KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU

Asmah Zatin, (2011) KEMAMPUAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH PEREMPUAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011568.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di setiap lembaga pendidikan pasti mempunyai banyak masalah, salah satu cara penyelesaiannya adalah mengambil keputusan, maka seorang pemimpin baik laki-laki maupun perempuan harus mempunyai kemampuan untuk mengambil keputusan agar permasalahan dapat diselesaikan dengan baik dan bijaksana. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan pengambilan keputusan kepala sekolah perempuan di Sekolah Menengah Pertama Negeri kecamatan Tampan Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan kepala sekolah perempuan di Sekolah Menengah Pertama Negeri kecamatan Tampan Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri kecamatan Tampan Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh kepala sekolah Perempuan di SMPN kecamatan Tampan Pekanbaru, sedangkan yang menjadi objeknya adalah kemampuan pengambilan keputusan kepala sekolah Perempuan di SMPN Kecamatan Tampan Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala sekolah perempuan di SMPN kecamatan Tampan Pekanbaru yang berjumlah 2 orang yaitu kepala sekolah SMPN 20 Pekanbaru dan SMPN 23 Pekanbaru, beserta guru yang berjumlah 129 orang, dalam penelitian ini penulis mengambil sampel 50%, dari populasi guru menggunakan tekhnik Proportional Random Sampling. Maka dapat diperoleh 65 guru, terdiri dari SMPN 20 Pekanbaru berjumlah 35 guru dan SMPN 23 Pekanbaru berjumlah 30 guru. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara sebagai data utama, sedangkan angket dan dokumentasi penulis jadikan sebagai data pendukung. Sedangkan, tekhnik analisis data yang penulis gunakan adalah analisis deskriptif kualitatif persentase, dengan menggunakan rumus X100% FN   Setelah data disajikan lalu dianalisa, maka dapat disimpulkan bahwa, kemampuan pengambilan keputusan kepala sekolah perempuan di SMPN kecamatan Tampan Pekanbaru termasuk kategori “sangat mampu” yaitu berada pada persentase 85,89% yang berada diantara 80%-100%. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan kepala sekolah perempuan kecamatan Tampan Pekanbaru yaitu pengalaman, pendidikan, tujuan, situasi, strategi dalam pengambilan keputusan dan alasan pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:46
Last Modified: 07 Jan 2016 08:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/476

Actions (login required)

View Item View Item