Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pelaksanaan Metode Moral Reasoning terhadap Pemahaman Materi Pergaulan Bebas dan Akibatnya pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Mumammadiyah 1 Pekanbaru

Armaini, - (2021) Pengaruh Pelaksanaan Metode Moral Reasoning terhadap Pemahaman Materi Pergaulan Bebas dan Akibatnya pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Mumammadiyah 1 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Armaini, (2020): Pengaruh Pelaksanaan Metode Moral Reasoning terhadap Pemahaman Materi Pergaulan Bebas dan Akibatnya pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Mumammadiyah 1 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pelaksanaan Metode Moral Reasoning terhadap Pemahaman Materi Pergaulan Bebas dan Akibatnya pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Sedangkan rumusan masalahnya adalah apakah ada Pengaruh Pelaksanaan Metode Moral Reasoning terhadap Pemahaman Materi Pergaulan Bebas dan Akibatnya pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan dua variable yaitu: veriabel X (Pengaruh Pelaksanaan Metode Moral Reasoning) dan variabel Y (Pemahaman Materi Pergaulan Bebas dan Akibatnya). Teknik pengambilan data yang penulis gunakan adalah teknik angket, tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan rumus korelasi serial. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengaruh Pelaksanaan Metode Moral Reasoning memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Pemahaman Materi Pergaulan Bebas dan Akibatnya. Setelah menganalisis data, penulis menyimpulkan bahwa Pengaruh Pelaksanaan Metode Moral Reasoning pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 89,47% atau dalam kategori sangat baik. Sedangkan Pemahaman Materi Pergaulan Bebas dan Akibatnya sebesar 92,08% atau dalam kategori baik sekali. Melalui rumus korelasi serial, hasil penelitian menunjukan nilai koefisien korelasi sebesar 0,710 lebih besar dari taraf signifikan 1% 0,372 dan 5% 0,288 ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat Pengaruh Pelaksanaan Metode Moral Reasoning terhadap Pemahaman Materi Pergaulan Bebas dan Akibatnya pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Kata Kunci: Pengaruh Pelaksanaan Metode Moral Reasoning, Pemahaman Materi Pergaulan Bebas dan Akibatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Mar 2021 06:19
Last Modified: 23 Mar 2021 06:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47551

Actions (login required)

View Item View Item