PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK ROUND ROBIN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Elfia Delina, (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK ROUND ROBIN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 1 Tambang yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tambang dengan penerapan model pembelajaran teknik Round Robin. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan pretest dan posttest, dengan jumlah populasi sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran kooperatif teknik Round Robin dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sampel dipilih dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu materi Struktur, Tabel Periodik dan Ikatan Kimia, dokumentasi, observasi, pretest dan posttest sebagai data akhir. Untuk mengetahui homogen atau tidaknya sampel dilakukan analisis dengan menggunakan uji bartlet dan uji varians, dan untuk data akhir menggunakan uji “t”. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 5,18 dan ttabel = 2,0 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari perbedaan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85,65 dan kelas kontrol sebesar 76,77. Dilihat dari perbedaan nilai posttest kedua kelas dapat menunjukan terjadinya peningkatan hasil belajar dengan nilai N-Gain ternomalisasi kelas eksperimen sebesar 0,773 yang termasuk kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,61 termasuk kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 20:37
Last Modified: 11 May 2016 20:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4754

Actions (login required)

View Item View Item