Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 KOTA PEKANBARU

ROKHAYANI YUSLIDA HANNUM HARAHAP, - (2021) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Rokhayani Yuslida Hannum Harahap (2021) : Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Pekanbaru Tujuan dari penelitian untuk mengetahui bentuk Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Kuantitatif secara deskriptif dengan subjek penelitian yaitu dengan adanya Kepala Madrasah sebagai informan kunci dan Wakil Kepala Kurikulum beserta guru-guru sebagai informan tambahan. Adapun objek dari penelitian ini adalah implementasi supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Pekanbaru. Kemudian data penelitian yang diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data digunakan dengan adanya pengumpulan data, penyaringan data (reduksi), penyajian data dan penarikan kesimpulan. Jumlah informan yang terlibat didalam penelitian ini ada 4 orang, yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru yang memiliki pengalaman di-supervisi kepala madrasah dan guru yang belum memiliki pengalaman di–supervisi kepala madrasah di MAN 3 Kota Pekanbaru. Hasil penelitian yang peneliti peroleh bahwa kepala madrasah memiliki andil yang besar dalam melaksanakan supervisi akademik dalam usaha meningkatkan proses pembelajaran di MAN 3 Kota Pekanbaru. Sebagai berikut: 1) Supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru-guru yang mengajar, sangat berpengaruh besar dengan peningkatan akademik didalam proses pembelajaran di kelas serta peningkatan kualitas sekolah tersebut, 2) Pelaksanaan proses pembelajaran yang dilaksanakan guru dengan proses aktivasi supervisi terhadap guru-guru dalam meningkatkan proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Pekanbaru memberikan peluang besar untuk terus melakukan perbaikan secara berkala, dan 3) Implementasi yang diterapkan untuk meningkatkan proses pembelajaran lebih efektif dilakukan supervisi akademik dengan secara merata terhadap guru-guru di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Pekanbaru. Kata Kunci: Implementasi, Supervisi Akademik, Proses Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Mar 2021 11:59
Last Modified: 15 Mar 2021 11:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47534

Actions (login required)

View Item View Item