Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBAIKAN PENJADWALAN PROYEK “12.000 CMB LNG BUNKER VESSEL (MOL)” PADA INDUSTRI PERKAPALAN MELALUI PENERAPAN SIMULASI MONTE CARLO

PAMELA PUTRI DINANTY, - (2021) PERBAIKAN PENJADWALAN PROYEK “12.000 CMB LNG BUNKER VESSEL (MOL)” PADA INDUSTRI PERKAPALAN MELALUI PENERAPAN SIMULASI MONTE CARLO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR PAMELA PUTRI DINANTY.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PERBAIKAN PENJADWALAN PROYEK “12.000 CMB LNG BUNKER VESSEL (MOL)” PADA INDUSTRI PERKAPALAN MELALUI PENERAPAN SIMULASI MONTE CARLO PAMELA PUTRI DINANTY NIM : 11652203506 Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas No.155 Pekanbaru ABSTRAK Proyek akan berjalan sesuai target apabila dalam perencanaan tersusun dengan baik dan telah mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan proyek, salah satu faktor yang berpengaruh dalam kegiatan proyek adalah durasi waktu yang bersifat tidak pasti dikarenakan adanya keterlambatan pengadaan bahan, jumlah pekerja, maupun manajemen dari proyek tersebut. PT.KSS merupakan galangan perkapalan yang memproduksi salah satunya yaitu blok kapal, pada pelaksanaan proyek pembuatan blok kapal adanya ketidakpastian durasi proyek sehingga perlu diselesaikan dengan menerapkan metode simulasi monte carlo yang bertujuan untuk mengetahui probabilitas durasi dan persentase probabilitas dari durasi waktu dalam sebuah proyek sehingga penjadwalan dengan menggunakan software microsoft project lebih optimal. Berdasarkan hasil dari simulasi monte carlo dengan menggunakan software crystal ball maka didapatlah durasi tercepat untuk pengerjaan proyek blok kapal H402 yaitu selama 64 hari dengan presentase kemungkinan keberhasilan 0%, durasi terlama yaitu 83 hari dengan probabilitas 100%, dan durasi rata-rata selama 73 hari dengan probabilitas 65 % sedangkan durasi rencana yaitu selama 80 hari dengan probabilitas 94,7%. Kemudian untuk pengerjaan blok H501A durasi tercepat yang dihasilkan yaitu 74 hari dengan probabilitas 0%, durasi terlama yaitu 82 hari dengan probabilitas 100%, dan durasi rata-rata selama 79 hari dengan probabilitas 60-70% sedangkan durasi rencana yaitu selama 75 hari dengan probabilitas 9,8%. Kata Kunci : Metode Simulasi Monte Carlo, Misrosoft Project, Ketidakpastian, Proyek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 12 Mar 2021 03:24
Last Modified: 12 Mar 2021 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47527

Actions (login required)

View Item View Item