PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MTs BAHRUL ‘ULUM AL-ISLAMY KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR

Melda Hasanah, (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MTs BAHRUL ‘ULUM AL-ISLAMY KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kemampuan komunikasi matematika siswa yang rendah di MTs Bahrul ‘Ulum Al-Islamy Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Berdasarkan latar belakang yang ada, peneliti mengemukakan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: “Apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional?”. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe coop co-op dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dan variabel terikat yaitu kemampuan komunikasi matematika siswa. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Bahrul ‘Ulum Al-Islamy yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 72 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan instrumen tes kemampuan komunikasi matematika. Sebelum instrumen tes diujikan, maka dilakukan terlebih dahulu uji validitas, reliabilitas, daya beda soal dan tingkat kesukaran soal. Melihat hasil penelitian, digunakan uji chi kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data dan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Pada penelitian ini, didapatkan nilai lebih besar dari (3,026 > 2,021) dan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol (70,79 > 60,30). Hasil uji tersebut menyimpulkan adanya perbedaan antara kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dengan kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di MTs Bahrul ‘Ulum Al-Islamy Kecamatan Perhentian Raja Kabupaten Kampar. Peneliti menyarankan kepada guru untuk dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dalam peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 20:08
Last Modified: 11 May 2016 20:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4740

Actions (login required)

View Item View Item