Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMIS PEMBANGKIT LISTRIK HYBRID MIKRO HYDRO BIOGAS Studi Kasus (Dusun Seminai Jaya, Kec.Kampar Kiri Hilir)

ENZO PRATAMA, - (2021) ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMIS PEMBANGKIT LISTRIK HYBRID MIKRO HYDRO BIOGAS Studi Kasus (Dusun Seminai Jaya, Kec.Kampar Kiri Hilir). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TA KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMIS PEMBANGKIT LISTRIK HYBRID MIKRO HYDRO BIOGAS Studi Kasus (Dusun Seminai Jaya, Kec.Kampar Kiri Hilir) ENZO PRATAMA 11355102065 Tanggal Sidang: Program Studi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Satu dusun yang belum teraliri listrik yaitu dusun seminai jaya, ada 45 KK yang belum teraliri listrik dari total 165 KK yang berada di Desa Rantau Kasih. Dusun Seminai Jaya masih menggunakan generator untuk mencukupi listriknya. Listrik hidup dari pukul 18.00 sampai pukul 22.00 WIB, generator yang mereka gunakan merupakan generator yang berasal dari Dusun sebelumnya. Generator yang digunakan memiliki kapasitas 50 kv. Dusun ini belum dapat pasokan listrik dari PLN dikarenakan Dusun ini baru dibentuk, 45 KK yang ada di Dusun bukan asli dari warga sana melainkan orang-orang transmigrasi. Penggunaan genset yang terbatas membuat masyarakat desa kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari dimana banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk genset. Dimana untuk pengoperasian mesin genset membutuhkan waktu 5-6 jam dan membutuhkan bahan bakar sebesar 4-7liter sehari. Tujuan penelitian ini menganalisis Teknis Dan Ekonomis Pembangkit Listrik Hybrid Mikro Hydro Biogas. Penelitian ini menawarkan Analisis Kelayakan dari aspek teknis dan ekonomi. Metode yang ditawarkan pada penelitian ini pembangkit listrik hybrid dengan konfigurasi Paralel secara offgrid. Hasil kebutuhan energi listrik rata-rata sebesar 5069,6 kWh/hari. Pada perencanaan awal pembangunan pembangkit listrik yang dimulai dengan memperoleh potensi biogas sebesar 27,6m3/hari dan potensi pltmh Dimana debit air terhitung sebesar 0,63 m3/s, dengan potensial head terhitung sebesar 6,33 m. Kemudian dilakukan simulasi menggunakan HOMER dengan umur proyek 20 tahun, diperoleh performa pembangki generator biogas sebesar 8.760 kWh/tahun dan performa generator air sebesar 685.725kWh/tahun Hasil Ekonomi NPC pembangkit sebesar Rp. 364.833.550 , LCOE sebesar Rp 247. Penelitian pembangkit listrik mikro hidro biogas dinilai layak, baik secara teknis dan ekonomis. Kata Kunci: HOMER, Biomassa, Energi Potensial Air

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Feb 2021 09:32
Last Modified: 26 Feb 2021 09:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47362

Actions (login required)

View Item View Item