PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS 1 KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Hary Patria .A, (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS 1 KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMAN 1 Kampar Timur ?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Desain. Dalam penelitian ini peneliti langsung berperan sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kampar Timur, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data, uji Barlett dan uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Example Non Example siswa terhadap yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kampar Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 19:49
Last Modified: 11 May 2016 19:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4731

Actions (login required)

View Item View Item