PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GUIDED NOTE TAKING YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 GAUNG KABUPATEN INHIL PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR

Vinna Permata, (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GUIDED NOTE TAKING YANG DIKOMBINASIKAN DENGAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 GAUNG KABUPATEN INHIL PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia siswa SMAN 1 Gaung yang diperoleh masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X SMAN 1 Gaung Kabupaten Inhil dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Guided Note Taking yang Dikombinasikan dengan Mind Mapping pada Pokok Bahasan Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan pretes dan postes dengan jumlah populasi sebanyak 4 kelas yang terdiri dari kelas X1, X2, X3 dan X4. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas yaitu kelas X2 sebagai kelas eksperimen yang akan diterapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Guided Note Taking yang Dikombinasikan dengan Mind Mapping dan kelas X1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Sampel dipilih dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu Pengenalan Ilmu kimia, dokumentasi, observasi, pretes dan postes sebagai data akhir. Untuk mengetahui homogen atau tidak nya sampel dilakukan analisis dengan menggunakan uji bartlet dan uji varians, dan untuk data akhir menggunakan uji “t”. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung =4,70 dan ttabel = 1,671 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata gain ternormalisasi <N GAIN> hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 0,68 yang termasuk kategori sedang, untuk kelas kontrol adalah 0,61 yang termasuk kategori sedang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 19:19
Last Modified: 11 May 2016 19:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4722

Actions (login required)

View Item View Item