Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MEDIA PERMAINAN PENGGARIS GESER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 019 LUBUK AGUNG KECAMATAN XIII KOTO KAMPARKABUPATEN KAMPAR

Muhammad Maulidi (2014) PENERAPAN MEDIA PERMAINAN PENGGARIS GESER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 019 LUBUK AGUNG KECAMATAN XIII KOTO KAMPARKABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan di SD Negeri 019 Lubuk Agung, diketahui terdapat permasalahan yang terjadi pada siswa kelas IV yaitu rendahnya hasil belajar siswa, hal ini terlihat pada nilai Matematika siswa masih rendah dibawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 65.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Media Permainan Penggaris Geser dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 019 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 019 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar yang terdiri dari dua siklus, siklus I dua kali pertemuan dan Siklus II dua kali pertemuan. Dimana dalam setiap siklus dilakuakan satu kali pengambilan nilai (evaluasi). Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui ketuntasan hasil belajar siswa dikelas sebelum tindakan adalah 44,4% dengan nilai rata-rata kelas 62,2. Pada siklus I diketahui tingkat ketuntasan hasil belajar siswa berada pada persentase 66,7% dari keseluruhan siswa, dengan nilai rata-rata 65,8 dan belum mencapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II tingkat ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dengan persentase 88,9% dari keseluruhan siswa, dengan nilai rata-rata 76,1. Dengan demikian secara keseluruhan hasil belajar siswa kelas IV terjadi peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa penerapan Media Permainan Penggaris Geser ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 019 Lubuk Agung Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 18:47
Last Modified: 11 May 2016 18:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4714

Actions (login required)

View Item View Item