IMPLEMENTASI ADMINISTRASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM KAMPUNG BARU KECAMATAN GUNUNG TOAR KABUPATEN KUANSING

Sri Kusrini, (2011) IMPLEMENTASI ADMINISTRASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM KAMPUNG BARU KECAMATAN GUNUNG TOAR KABUPATEN KUANSING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011487-.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Implementasi administrasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) merupakan bagian dari administrasi sekolah, dimana dalam administrasi kurikulum kegiatan dititik beratkan kepada kelancaran pembinaan situasi belajar dan mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi administrasi Kurukulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan faktor-faktor penghambat dan pendukung implementasi administrasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Nurul Islam Kampung Baru Kecamata Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek penelitian ini adalah guru-guru yang mengajarkan bidang-bidang studi Pendidikan Agama Islam (Alquran Hadis, Akidah Ahlak, Fiqih, dan SKI) sedangkan objeknya adalah implementasi administrasi kurikulum. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru-guru yang mengajarkan bidang-bidang studi Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 8 (delapan) orang. Karena populasi tidak besar, maka penulis tidak mengadakan penarikan sampel. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan penulis menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisa secara deskriptif kuantitatif. Setelah data diperoleh dari lapangan kemudian dianalisis, maka dapat disimpulkan bahwa: Implementasi Administrasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Madrasah Tsanawiyah PP Nurul Islam Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi termasuk kategori “ kurang optimal”. Secara persentase hanya diperoleh 51,4 % yang berada pada rentang 26%- 55%. Faktor- faktor penghambat dan pendukung implementasi administrasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Madrasah Tsanawiyah PP Nurul Islam Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi, antara lain: Kurangnya pengalaman guru-guru tentang administrasi KTSP, Persepsi guru yang negatif tentang administrasi KTSP, Kurangnya pembinaan dari atasan (kepala madrasah), Kurangnya pembinaan dan pengawasan dari pihak pengawas, Lingkungan kerja yang kurang kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:46
Last Modified: 07 Jan 2016 08:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item View Item