Mudlikah (2010) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DEADLINE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 036 BUKIT SEMBILAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2011182.pdf Download (762kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class room action research). Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 036 Bukit Sembilan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar, ditemui beberapa gejala atau fenomena, seperti; 1) Dari 32 murid hanya sekitar kurang lebih 12 (37,5%) orang murid saja yang mampu menjawab soalsoal yang diberikan ketika dilakukan ulangan harian. 2) Murid terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas, hal ini terlihat bahwa lebih dari 50% murid jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. Dan 3) Murid kurang memiliki keberanian untuk mengemukakan pendapat maupun bertanya ketika pembelajaran berlangsung. Dari 32 murid hanya 18 orang (56,3%) yang memiliki keberanian bertanya selama proses belajar mengajar. Sehingga rumusan masalah untuk penelitian ini adalah: Apakah dengan penggunaan strategi pembelajaran Deadline dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada murid kelas II SDN 036 Bukit Sembilan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar?. Strategi Pembelajaran Deadline merupakan salah satu belajar kelompok atau juga dikenal dengan pembelajaran kooperatif dimana dalam proses pembelajaran murid berkesempatan untuk berkerja sama dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam belajar. Kemudian melalui penerapan strategi ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar PAI murid kelas II SD Negeri 036 Bukit Sembilan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Kemudian data dalam penelitian ini diolah menggunakan rumus persentase yang dikemukakan oleh anas sudijono, yaitu: 100% N F p = x Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I hasil belajar murid memperoleh rata-rata nilai 75,6, nilai ini berada pada interval 71 – 85 atau dalam kategori tinggi. Sedangkan hasil belajar murid pada siklus II meningkat dengan rata-rata nilai 80,6, nilai ini berada pada interval >85 atau dalam kategori sangat tinggi pula. Kemudian jika ditinjau dari segi Indikator Keberhasilan, maka penelitian ini dikatakan berhasil. Karena pada siklus kedua telah diperoleh ketuntasan sebesar 90,6%. Artinya ketuntasan belajar telah melebihi Indikator Keberhasilan yang ditetapkan (minimal nilai 80% murid memperoleh nilai 70), sehingga penggunaan strategi pembelajaran Deadline untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam dapat diterapkan pada Murid Kelas II SDN 036 Bukit Sembilan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 21 Dec 2015 05:58 |
Last Modified: | 21 Dec 2015 05:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/47 |
Actions (login required)
View Item |