Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU) BERBASIS BIOMASSA (STUDI KASUS KECAMATAN RANGSANG, DESA DWI TUNGGAL)

YOGA SULISTIA, - (2021) ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU) BERBASIS BIOMASSA (STUDI KASUS KECAMATAN RANGSANG, DESA DWI TUNGGAL). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)

Abstract

YOGA SULISTIA, (2021): ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (PLTU) BERBASIS BIOMASSA (STUDI KASUS KECAMATAN RANGSANG, DESA DWI TUNGGAL) Biomssa adalah adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut semua senyawa organik yang berasal dari tanaman budidaya, alga, dan sampah organik. Pengelompokan biomassa terbagi menjadi biomassa kayu, biomassa bukan kayu, dan biomassa sekunder. Biomassa juga dapat dikategorikan menjadi limbah pertanian, limbah kehutanan, tanaman kebun energi, dan limbah organik. Biomassa merupakan salah satu energi alternatif yang dapat menanggulangi permasalahan kebutuhan energi yang terus meningkat. Salah satu bahan biomssa yang berpotensi untuk di manfaatkan di desa Dwi Tunggal adalah limbah pertanian kelapa kopra berupa tempurung yang produksinya mencapai 3.497,5 ton. Tingginya produksi kelapa di desa dwitunggal dapat di manfaatkan sebagi bahan bakar PLTU berbasis biomassa, pemanfaatan biomassa limbh pertanian perlu diekplorasi.. Dari potensi perkebuanan kelapa yang di hasilkan di desa Dwi Tunggal dapat dihasilkan listrik sebesar 3.980,1kWh yang dapat di aplikasikan untuk pembangkit listrik di desa tersebut sebagai pemenuhan kebutuhan daya listri, mengingat kebutuhan daya listrik yang belum terpenuhi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa perancangan dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbasis biomassa sebagai sumber energi di desa Dwi Tunggal kecamatan Rangsang. Pada penelitian ini jenis pemanfaataan biomassa sendiri dilakukan dengan metode direc combustion atau pembakaran langsung. Penelitiaan ini dapat menghasilkan 3.980,1kWh listrik. Selanjutnya analisis ekonomi dilakukan menggunakan metode Life Cycle Cost (LCC) yang menghasilkan Net Present Value (NPV): Rp. 4,555,966,702,014,-, Internal Rate of Return (IRR): 8,23% dan waktu pengembalian modal: 1,3 tahun. Dari hasil analisa teknis dan ekonomi yang telah dilakukan maka PLTU ini layak untuk dilanjutkan dan dibangun di Desa Dwi Tunggal Kecamatan Rangsang. Kata Kunci : Biomassa, direc combustion, Perancangan, limbah Organik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Feb 2021 07:37
Last Modified: 26 Feb 2021 07:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46980

Actions (login required)

View Item View Item