Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSEP DIRI SISWA YANG AKTIF MENGIKUTI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMP N) 25 PEKANBARU

Lamsaidah Pohan (2011) KONSEP DIRI SISWA YANG AKTIF MENGIKUTI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMP N) 25 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011477.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui konsep diri siswa yang aktif mengikuti pelayanan bimbingan dan konseling di SMP N25 Pekanbaru, (2) Untuk mengetahui upaya guru pembimbing membentuk konsep diri siswa yang aktif mengikuti pelayanan bimbingan dan konseling. SMP N25 Pekanbaru merupakan salah satu lembaga pendidikan yang telah menetapkan bimbingan dan konseling sebagai sesuatu yang sangat penting dalam sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, juga membantu siswa yang berkembang secara optimal baik kepribadian, sosial, kognitif, intlektual dan emosionalnya. Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep diri siswa yang aktif mengikuti pelayanan bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Pekanbaru dan apa upaya guru pembimbing dalam membentuk konsep diri siswa yang aktif mengikuti pelayanan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian adalah siswa SMP N25 Pekanbaru yang aktif mengikuti pelayanan bimbingan dan konseling pada tahun ajaran 2010/2011, adalah sebanyak 115 siswa. Objek penelitian adalah konsep diri. Data dikumpulkan dengan teknik angket, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan deskriptif dan kuantitatif melalui persentase. Setelah dianalisis temuan penelitian menunjukkan bahwa: Konsep diri siswa yang aktif mengikuti pelayanan bimbingan dan konseling sebesar 63,8% hal ini menunjukan bahwa konsep diri siswa yang aktif mengikuti pelayanan bimbingan dan konseling berada pada level konsep diri negatif, serta didukung dengan hasil wawancara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:46
Last Modified: 07 Jan 2016 08:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item