PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE RESITASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MTs AL HUDA PEKANBARU

Fuji Ayu Lesstari, (2014) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN METODE RESITASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MTs AL HUDA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan kolaborasi Pembelajaran kooperatip tipe STAD dengan metode resitasi dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan kolaborasi pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode resitasi dengan siswa yang memperoleh dengan pembelajaran konvensional di MTs Al Huda Pekanbaru? Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al Huda Pekanbaru sebanyak 72 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Resitasi. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Resitasi dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan kolaborasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Resitasi dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional di MTs Al Huda Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 11 May 2016 01:14
Last Modified: 11 May 2016 01:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4681

Actions (login required)

View Item View Item