PENGAWASAN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Stevi Citra Sari, (2011) PENGAWASAN GURU TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011476.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengawasan yang terkendali di SMPN 1 Tambang Kabupaten Kampar sangat perlu dilakukan, terutama terhadap kedisiplinan yang diterapkan kepada siswa, karena disiplin memegang peranan yang sangat penting dalam sekolah, apabila tidak ada disiplin dalam suatu sekolah maka sekolah tidak akan dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Kedisiplinan perlu diawasi, dengan harapan jika dilakukan suatu pengawasan terhadap kedisiplinan tersebut maka siswa akan melakukan suatu aktifitas yang tidak berlawanan dengan tata tertib yang telah diterapkan di SMPN 1 Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengawasan guru terhadap kedisiplinan siswa di SMPN 1 Tambang Kabupaten Kampar serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu guru di SMPN 1 Tambang Kabupaten Kampar, sedangkan yang menjadi objek nya adalah pengawasan guru terhadap kedisiplinan siswa di SMPN 1 Tambang Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMPN 1 Tambang Kabupaten Kampar yang berjumlah 59 orang, dalam penelitian ini penulis mengambil sampel 20 % dari populasi guru menggunakan tekhnik Random Sampling, maka dapat diperoleh 12 guru yang terdiri dari beberapa guru yang dipilih dengan cara lotere. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi sebagai data utama, sedangkan wawancara dan dokumentasi penulis jadikan sebagai data pendukung. Sedangkan, tekhnik analisis data yang penulis gunakan adalah analisis deskriptif kualitatif persentase, dengan menggunakan rumus X100% FN   . Berdasarkan data yang diperoleh di lapangan dan setelah di analisa, penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa pengawasan guru terhadap kedisiplinan siswa termasuk kategori “Kurang Terlaksana” yakni dengan persentase 54,51 % yang berada diantara 40%-55%, dan faktor yang mempengaruhi pengawasan guru terhadap kedisiplinan siswa di SMPN 1 Tambang Kabupaten Kampar yaitu: (1) Pemahaman tugas pokok guru kurang terlaksana dalam mengawasi tindakan tindakan yang dilakukan oleh siswa. (2) Kurangnya niat guru dalam mengawasi siswa. (3) Kurang terciptanya iklim sekolah, sehingga keamanan dan kenyamanan kurang terpelihara. (4) Tidak adanya pemberian reward dari kepala sekolah terhadap guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:46
Last Modified: 07 Jan 2016 08:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/468

Actions (login required)

View Item View Item