Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PERBAIKAN JATUH TEGANGAN (VOLTAGE DROP) PADA PENYULANG LUBUK JAMBI DI AREA PELAYANAN PT. PLN (PERSERO) ULP TALUK KUANTAN

ARSUYONO, - (2021) ANALISIS PERBAIKAN JATUH TEGANGAN (VOLTAGE DROP) PADA PENYULANG LUBUK JAMBI DI AREA PELAYANAN PT. PLN (PERSERO) ULP TALUK KUANTAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)

Abstract

ARSUYONO, (2021) : ANALISIS PERBAIKAN JATUH TEGANGAN (VOLTAGE DROP) PADA PENYULANG LUBUK JAMBI DI AREA PELAYANAN PT. PLN (PERSERO) ULP TALUK KUANTAN Besarnya kebutuhan dan permintaan akan energi listrik yang terus menerus meningkat, namun tidak diimbangi dengan penyaluran sistem distribusi yang baik, seperti yang ada pada PT. PLN (Persero) ULP Taluk Kuantan, salah satunya adalah penyulang Lubuk Jambi yang mengalami jatuh tegangan (voltage drop) dan ini salah satu penyulang terpanjang yaitu 178,766 KM, karena dengan panjangnya jaringan distribusi sehingga menyebabkan jatuh tegangan (voltage drop) dan rugi-rugi daya (losses) yang besar. Salah satu cara untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan cara menaikan luas penampang kawat penghantar jaringan distribusi. Pada penelitian ini akan dibahas mengenai suatu analisis perbaikan kualitas jatuh tegangan (voltage drop) pada jaringan distribusi yang didapatkan melalui metode up-rating setelah itu disimulasikan dengan software ETAP 12.6. Penerapan metode up-rating bertujuan untuk memperbaiki jatuh tegangan (voltage drop), nilai kerugian daya (losses) dan menaikkan profil tegangan. Setelah dilakukan metode up-rating jaringan distribusi 20 KV penyulang Lubuk Jambi, nilai persentasi voltage drop pada penghantar dengan nilai indeks persentasi paling tinggi yaitu 0,37 % Vd, dan ketika di up-rating semakin membaik menjadi 0,25 % Vd. Dengan nilai kerugian daya (losses) sebelum up-rating 247,3 KW untuk daya aktif dan 464,8 KVar untuk daya reaktif, setelah up-rating turun menjadi 128,3 KW untuk daya aktif dan daya reaktif menjadi 446,6 KVar. Kata Kunci : Jaringan Distribusi, Jatuh Tegangan (Voltage Drop), Rugi-rugi Daya (Losses), Metode Up- Rating, Penyulang Lubuk Jambi, Software ETAP 12.6.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 621 Fisika Terapan > 621.381 Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Feb 2021 03:20
Last Modified: 26 Feb 2021 03:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46794

Actions (login required)

View Item View Item