Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kepuasan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Uin Suska Riau Dalam Menggunakan Group Whatsapp Sebagai Sarana Komunikasi Dan Informasi Perkuliahan

Fanri Kholif Arrahman, Fanri (2020) Kepuasan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Uin Suska Riau Dalam Menggunakan Group Whatsapp Sebagai Sarana Komunikasi Dan Informasi Perkuliahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)

Abstract

Antusias mahasiswa terhadap penggunaan media sosial sebagai media komunikasi dan informasi terus meningkat, seperti whatsapp. Whatsapp merupakan aplikasi pesan untuk smartphone dan juga aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena whatsapp mengunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain. Dengan menggunakan group whatsapp memudahkan mahasiswa untuk berkomunikasi dan mencari informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau dalam menggunakan group whatsapp sebagai sarana komunikasi dan informasi perkuliahan. Penelitian ini menggunakan Teori McQuail, metode yang di gunakan adalah kuantitatif, menjelaskan suatu masalah yang hasilnya dapat digeneralisasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, dokumentasi dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau angkatan 2017 yang berjumlah 397 dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang yang peneliti dapatkan berdasarkan rumus Arikunto, sedangkan teknik pengambilan sampel mengunakan teknik purposive sampling dimana teknik ini mencakup orang-orang yang di seleksi atas kriteria-kriteria tertentu yang di buat periset berdasarkan tujuan riset. Berdasarkan hasil analisa data, dengan memberikan nilai skor terhadap setiap jawaban responden dan mencari nilai rata-rata dari jumlah total skor yang didapat diketahui bahwa Kepuasan mahasiswa atau tanggapan responden terhadap variabel kepuasan komunikasi adalah mencapai angka 81,25%, sedangkan tanggapan responden terhadap variabel kepuasan informasi adalah mencapai angka 84,07% dan termasuk kedalam kategori sangat memuaskan. Hasil ini menunjukkan bahwa mahasiswa pada umumnya menggunakan group whatsapp sebagai sarana komunikasi dan informasi perkuliahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, group whatsapp, komunikasi dan informasi, mahasiswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Feb 2021 01:51
Last Modified: 26 Feb 2021 01:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46698

Actions (login required)

View Item View Item