Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM AKSES PINTU RUANG KELAS TERJADWAL DAN TERINTEGRASI DENGAN WEB MENGGUNAKAN NODEMCU (Studi Kasus: Prodi Teknik Elektro Uin Suska Riau)

RIYAN SAPUTRA, - (2021) SISTEM AKSES PINTU RUANG KELAS TERJADWAL DAN TERINTEGRASI DENGAN WEB MENGGUNAKAN NODEMCU (Studi Kasus: Prodi Teknik Elektro Uin Suska Riau). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TA LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada era moderenisasi saat ini perkembangan teknologi komputer sangat berkembang pesat. dengan bantuan teknologi yang terkomputerirasi dalam manajemen suatu pekerjaan atau pengoperasian suatu objek digunakan sebagai pengganti pekerjaan manual menjadi otomatis. Pada saat ini manajemen akses ruang kelas prodi teknik elektro masih menggunakan kunci konvensional yang belum terintegrasi, dan tidak ada data user yang telah mengakses pintu ruang kelas prodi teknik elektro menjadi kelemahan yang ada saat ini pada sistem yang berjalan. Dengan permasalahan tersebut maka diperlukan suatu sistem yang dapat mengatasi sistem manajemen akses pintu ruang kelas prodi teknik elektro, salah satu sistem yang dapat digunakan adalah Teknologi RFID (radio frequency identification) yang terdapat pada e-ktp. Sistem ini mampu memanejemen jadwal aktivitas user yang masuk dan keluar sesuai dengan jam dan hari yang diinputkan pada database sistem akses ruang kelas prodi teknik elektro yang terkoneksi dengan web. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen diantaranya, Mikrokontroler NodeMcu, RFID Reader MRFC522, Selenoid Doorlock, Relay, Arduino IDE, XAMPP. Analisa hasil yang telah dilakukan menggunakan e-ktp sebagai id-card RFID tag terhadap sistem akses pintu ruang kelas prodi teknik elektro yang telah diimplementasikan langsung ke pintu dilakukan menggunakan lima e-ktp RFID tag yang memiliki nomor id yang berbeda-beda terhadap alat yang telah di implementasikan menemukan hasil yang valid, dimana proses pintu terbuka setelah melakukan scan RFID Tag terhadap RFID reader yaitu selama lima detik. Proses solenoid doorlock terbuka tidak bisa dipercepat karena NodeMCU Sebagai Mikrokontroler harus menyesuaikan database yang terhubung ke web yang membutuhkan waktu sedangkan proses solenoid tertutup bisa dipercepat maupun diperlambat. Kata Kunci : Manajemen akses, RFID, E-KTP, Web database.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 25 Feb 2021 16:49
Last Modified: 25 Feb 2021 16:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46692

Actions (login required)

View Item View Item