Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Strategi Pemerintah Kota Pekanbaru Dalam Menciptakan Smart City Madani

Iffo Dahlia Awanis, Iffo (2021) Strategi Pemerintah Kota Pekanbaru Dalam Menciptakan Smart City Madani. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pemerintah Kota Pekanbaru yang akan menerapkan Konsep Kota Cerdas Madani. Bahwa dalam konsep Smart City Madani, pilarnya adalah untuk mewujudkan pemerintah dalam menyusun perencanaan yang akan dilaksanankan. Dalam menjalankan dan mewujudkannya, Kota Pekanbaru dengan konsep Smart City Madani memang perlu diperhatikan faktor-faktor yang mendukung terwujudnya program. Salah satu factor pendukungnya adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Karena sosialisasi adalah upaya kegiatan untuk berkomunikasi menciptakan dialog dengan komunitas. Melalui penjangkauan akan membantu meningkatkan pemahaman masyarakat dan pihak terkait tentang pemberdayaan masyarakat yang direncanakan program dan kegiatannya. Karena itu, sosialisasi sangat diperlukan karena banyak orang yang masuk ke Pekanbaru belum tahu tentang program pemerintah. Penelitian ini disusun dikerangka berfikir sistemais menggunakan model Deduktif. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriftif kualitatif. Informan penelitian berjumlah 5 (lima) orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan mrnggunakan teknik analisis kualitatif. Studi menemukan hal itu saat ini kota pekanbaru menuju kota cerdas madani belum terlaksana dengan baik karena masih kurangnya anggaran untuk mewujudkan 6 pilar menuju kota pintar madani. Namun dalam mengoptimalkan realisasi kota cerdas madani, kota pekanbaru memiliki 6 prioritas percepatan realisasi smart city madani yaitu smart card pekanbaru sebagai kartu layanan, layanan simcard RT/RW, pusat komando pekanbaru, pusat data, pekanbaru techno park, panggilan darurat 112.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemerintah, Kota Pekanbaru, Smart City Madani.
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Feb 2021 01:44
Last Modified: 15 May 2023 08:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46681

Actions (login required)

View Item View Item