Fajar Setiawan, - (2021) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP APLIKASI JD.ID MENGGUNAKAN METODE LEARNING VECTOR QUANTIZATION. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
LAPORAN TA- FAJAR_SETIAWAN 11351101578 NEW watermark 1,2,3,6.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
LAPORAN TA- FAJAR_SETIAWAN 11351101578 NEW watermark 4,5.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
JD.id adalah perusahaan yang bergerak pada bidang e-commerce yang menjual berbagai keperluan sehari – hari secara online. perkembangan yang sangat di Indonesia. mengakibatkan jumlah data ulasan pengguna aplikasi JD.id yang masuk ke situs Google Playstore terus bertambah seiring berjalannya waktu, hal ini mengakibatkan sulitnya pihak terkait dalam memperoleh informasi secara keseluruhan. pengguna memberikan ulasan pada aplikasi JD.id di Google Playstore. Penilaian yang diberikan terkadang tidak menggambarkan positif dan negatif nya ulasan tersebut. Karena, banyak ulasan yang seharusnya positif tetapi mendapatkan penilaian yang rendah. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah learning vector quantization (LVQ) dengan jumlah data sebanyak 300 data. Adapun pembagian data yaitu 70% data latih dan 30% data uji. Hasil dari pengujian dengan jumlah data 90, menghasilkan 52 data positif dan 38 data negatif. maka yang dikenali benar 68 dan dikenali salah ada 22. Perubahan parameter yang di lakukan untuk pengujian menghasilkan nilai akurasi 75.6% dengan nilai Learning rate sebesar 0.01, pengurangan learning rate sebesar 0.1, minimal learning rate sebesar 0.0005.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 09:59 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 09:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46674 |
Actions (login required)
View Item |