Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGUKURAN BEBAN KERJA FISIK DAN MENTAL PADA PEKERJA DENGAN METODE PENGUKURAN 10 DENYUT NADI DAN DEFENCE RESEARCH AGENCY WORKLOAD SCALE (DRAWS)

RISKI ARDIANSYAH, - (2021) ANALISIS PENGUKURAN BEBAN KERJA FISIK DAN MENTAL PADA PEKERJA DENGAN METODE PENGUKURAN 10 DENYUT NADI DAN DEFENCE RESEARCH AGENCY WORKLOAD SCALE (DRAWS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
#Semua Isi Tugas Akhir Kecuali Bab IV & V.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN V)
#Bab IV & V Repository Rix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RISKI ARDIANSYAH, (2021) : ANALISIS PENGUKURAN BEBAN KERJA FISIK DAN MENTAL PADA PEKERJA DENGAN METODE PENGUKURAN 10 DENYUT NADI DAN DEFENCE RESEARCH AGENCY WORKLOAD SCALE (DRAWS) PT. Kunango Jantan Pekanbaru merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufacturing and trading yang berproduksi dalam bidang pabrik tiang listrik dari beton dan tiang pancang (spun pile). Adapun produksi tiang listrik dari beton yang dihasilkan oleh PT. Kunango Jantan pekanbaru ini diprioritaskan untuk mendukung program pemerataan jaringan listrik dimana konsumen terbesar dari produksi ini adalah PT. PLN (Persero) se-Sumatera. Target produksi pada tahun 2020 tidak memenuhu target yakni dari 18523 target produksi yang terpenuhi hanya 18102 dari beberapa factor yang diketahui bahwa hal ini yang paling dominan disebabkan oeh beban kerja fisik maupun mental pekerja. Salah satu beban kerja yaitu beban kerja fisik menggunakan metode 10 denyut nadi. Dari 30 orang pekerja terdapat rata-rata %CVL 30% - 60%, yang artinya diperlukannya perbaikan. Bahkan ada beberapa pekerja yang memiliki %CVL yang tinggi diantaranya yaitu, Guntur 38 tahun 67.55%, Kasman 37 tahun 57.34%, Sukirman 38 tahun 70.59% dan Santoso 37 tahun 66.19%. Dimana beberapa pekerja ini di klasifikasikan %CVL 60% - 80%, artinya pekerja harus kerja dalam waktu singkat.. Kemudian beban kerja mental yang sesuai dengan aktifitas kerja adalah dengan menggunakan metode DRAWS (Defence Research Agency Workload Scale) yang memiliku 4 variabel yaitu Input Demand, Central Demand, Output Demand, dan Time Pressure. Pada perhitungan beban kerja mental dari 30 pekerja dengan memiliki rata-rata nilai skor beban kerja mental 69.27% yang mana termasuk kategori Overloaded atau tinggi. Kata Kunci : Beban Kerja Fisik, Beban Kerja Mental, Denyut Jantung, Cardiovaskulair Load dan DRAWS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:16
Last Modified: 26 Feb 2021 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46649

Actions (login required)

View Item View Item