PERAN GURU EKONOMI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PGRI PEKANBARU

Muhaini, (2014) PERAN GURU EKONOMI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PGRI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan judul peran guru Ekonomi dalam meningkatkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah semua guru Ekonomi di SMA PGRI yang berjumlah 2 (dua) orang dan siswa 58 orang dari empat lokal. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui besar kontribusi peran guru Ekonomi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru yang didapat melalui dukungan wawancara dan penggunaan instrument angket. Berdasarkan hasil perhitungan angket dengan butir item pernyataan yang berjumlah tiga puluh (22) pernyataan dengan jumlah sampel 58 orang yang diambil dari empat kelas dengan jumlah siswa 138 menggunakan random sampling (tehnik pengambilan sampel secara acak). Dari perhitungan tersebut diperoleh hasil dengan alternative jawaban butir item 5 sebanyak 343, alternative jawaban butir item 4 sebanyak 483, alternative jawaban butir item 3 sebanyak 321, alternative jawaban butir item 2 sebanyak 85 dan alternative jawaban butir item 1 sebanyak 44 dengan perhitungan nilai kumulatif didapat sebesar 4.815 sedangkan nilai kumulatif yang diharapkan adalah 6.380 Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus P = x 100% maka diperoleh besar kontribusi presentasi Peran Guru sebesar 65,59%% dan tergolong Maksimal. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Peran Guru Ekonomi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru adalah tergolong “Maksimal”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 10 May 2016 19:02
Last Modified: 10 May 2016 19:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4660

Actions (login required)

View Item View Item