UPAYA KEPALA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MODEL PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

Royani, (2011) UPAYA KEPALA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 MODEL PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011474.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru merupakan salah satu madrasah yang mampu meningkatkan mutu pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan tidak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan oleh pihak madrasah. Terutama pemimpin pendidikan, karena kegagalan dan keberhasilan madrasah banyak ditentukan oleh para pemimpin pendidikan, pemimpin pendidikan dalam hal ini kepala madrasah juga merupakan pengendali dan penentu arah yang hendak ditempuh madrasah menuju tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa upaya kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru dalam meningkatkan mutu pendidikan dan faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan mutu tersebut. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru, sedangkat objek penelitiannya adalah meningkatkan mutu pendidikan. karena populasinya hanya kepala madrasah dalam penelitian ini, maka penulis tidak mengambil sampel. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan penulis menggunakan teknik wawancara dan observasi. Data yang telah dikumpul dianalisa secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru. Dapat disimpulkan bahwa upaya kepala madrasah untuk mencapai mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru tergolong maksimal. Adapun upaya yang dilakukan kepala madrasah tersebut adalah: a) Ketenagaan; kepala madrasah melakukan rekrutmen tenaga kependidikan yang profesional, menempatkan tenaga kependidikan sesuai dengan profesinya, melakukan peningkatan keperofesionalan guru, memberikan kesejahtraan terhadap para guru dan karyawan, memberikan motivasi kepada guru dan karyawan, memberikan penghargaan terhadap guru dan karyawan yang berprestasi, b). Kesiswaan; kepala madrasah mencari input siswa yang handal, memberikan program-program pengembangan potensi siswa, memberikan penghargaan bagi siswa yang berprestasi, dan mengevaluasi pembelajaran siswa. c). Kurikulum: kepala madrasah membimbing dan mengarahkan pengembangan kurikulum, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kurikulum. d). Sarana dan prasarana; kepala madrasah menyediakan alat-alat dan media pengajaran yang relevan, dan melakukan perawatan pasilitas pendidikan. e). masyarakat; kepala madrasah menggalang partisipasi orang tua siswa, dan menggalang partisipasi masyarakat. Sedangkan secara kuantitatif, upaya tersebut diperoleh 80%. Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di atas dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: a) Guru mengajar dengan propesional, b) Implementasi kurikulum maksimal, c) Siswa mempunyai etos belajar yang kuat, d) Pemanfaatan sarana dan prasarana secara epektif, dan e) Dukungan orang tua terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:46
Last Modified: 07 Jan 2016 08:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/466

Actions (login required)

View Item View Item