Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Realisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Komunitas Jum’at Berkah Bina Sosial Pekanbaru

Aprinal Sidiq, Aprinal (2021) Realisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Komunitas Jum’at Berkah Bina Sosial Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang bahwa masi banyak terdapat fenomena kemiskinan ditengah masyarakat dan memerlukan uluran tangan dari para pemberdaya masyarakat,tidak terkecuali komunitas tertentu yang bergerak dibidang sosial kemasyarakatan. Permasalahan penelitian bagaimana realisai pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan Kominitas Jum’at Berkah Bina Sosial Pekanabru. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana Realisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Komunitas Jumat Berkah Bina Sosial Pekanbaru. Adapun konsep teori dalam penelitan tentang Indikator Pemberdayaan Masyarakat yang dilakukan oleh Komunitas. Menurut Jim Ife & Frank Tegoriero. Metodologi penelitian mencakup jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data melalui klasifikasi data,reduksi data,dan penarikan kesimpilan. Penyajian data dalam bentuk naratif. hasil penelitian menunjukkan bahwa realisasi pemberdayaan masyarakat yang di lakukan oleh Komunitas Jum’at berkah bina sosial Pekanbaru mencakup lima bidang,yakni Bidang Ekonomi. Menyalurkan bantuan dana untuk modal usaha dan bantuan langsung berupa sembako. Bidang Pendidikan. Memberikan biaya pendidikan dan membantu sarana dan prasarana sekolah. Bidang lingkungan. Berpartisipasi dalam menjaga lingkungan dengan perbaikan sarana infrastruktur jalan dan berpartisipsi dalam penanggulangan bencana alam. Bidang Kesehatan. Membantu biaya pengobatan dan membantu alat-alat kesehatan baik kepada individu maupun kepada puskesmas atau rumah sakit. Bidang Sosial. Membantu rumah yatim dan panti jompo dalam pemenuhan berbagai kebutuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jumat Berkah, Empowerment, Pekanbaru.
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 25 Feb 2021 15:54
Last Modified: 25 Feb 2021 15:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46569

Actions (login required)

View Item View Item