Nilam Sari, Sari (2020) Pengaruh Pengetahuan Produk Kosmetik Halal Terhadap Keputusan Membeli Kosmetik Pada Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah UIN SUSKA Riau. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
Skripsi Gabungan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (922kB) |
Abstract
ABSTRAK Nilam Sari (2020) : Pengaruh Pengetahuan Produk Kosmetik Halal Terhadap Keputusan Membeli Kosmetik Pada Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah UIN SUSKA Riau Latar belakang penelitian ini yaitu berdasarkan beberapa pengamatan berupa wawancara yang penulis lakukan kepada beberapa orang mahiswi prodi Ekonomi Syariah yang mana sebagai mahasiswi Ekonomi Syariah yang sudah pernah mengambil mata kuliah Ekonomi Islam dan sedikit banyaknya sudah memiliki pengetahuan tentang produk halal dan haram dan juga bagaimana konsumsi yang benar dalam Islam. Namun dari hasil wawancara tersebut masih banyak dari mereka yang tidak memperhatikan label halal dalam membeli kosmetik, dan beberapa orang juga mengaku menggunakan produk kosmetik yang tidak memiliki label halal. Jadi penulis ingin mengetahui seberapa besar faktor pengetahuan produk tersebut berpengaruh terhadap keputusan membeli kosmetik pada mahasiswi jurusan Ekonomi Syariah UIN SUSKA Riau, dan bagaimana pandangan Ekonomi Islam terhadap pengaruh pengetahuan produk kosmetik halal terhadap keputusan membeli kosmetik pada mahasiswi prodi Ekonomi Syariah UIN SUSKA Riau. Penelitian ini dilakukan di Fakustas Syariah dan Hukum, Prodi Ekonomi Syariah UIN SUSKA. Dalam penelitian ini penulis menggunankan teknik analisa data dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswi prodi Ekonomi Syariah UIN SUSKA tahu angkatan 2014-2015 yaitu sebanyak 359 orang. Dengan jumlah sampel 78 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu insidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian diperoleh nilai R sebesar 0,543 yang artinya adalah bahwa antara variabel independen dengan variabel dependen memiliki hubungan cukup berarti atau sedang. Selanjutnya pada tabel diatas ditunjukkan nilai R Square 0,294, artinya adalah bahwa sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 29,4% sedangkan sisanya sebesar 70,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Yang artinya Pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli. (Ha). Menurut perspektif Ekonomi Islam, pengaruh pengetahuan produk kosmetik halal terhadap keputusan membeli kosmetik mahasiswi prodi Ekonomi Syariah UIN SUSKA Riau sudah sesuai dengan syariah Islam. Kata Kunci : Pengetahuan, produk, kosmetik halal, keputusan pembelian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 07:42 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 07:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46566 |
Actions (login required)
View Item |