Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN RELIGIUSITAS, SELF-EFFICACY DAN SELF-CONTROL DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA SMP NEGERI KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU

SUMARNI, - (2021) HUBUNGAN RELIGIUSITAS, SELF-EFFICACY DAN SELF-CONTROL DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA SMP NEGERI KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

HUBUNGAN RELIGIUSITAS, SELF-EFFICACY DAN SELF-CONTROL DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA SMP NEGERI KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU Sumarni Magister Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau sumarnibk21@gmail.com ABSTRAK Perilaku menyontek merupakan suatu perilaku yang bertentangan dengan norma dan peraturan akademik. Perilaku ini masih sering dilakukan siswa di setiap jenjang pendidikan, termasuk siswa pada sekolah menengah pertama (SMP). Mengacu pada referensi dan hasil penelitian sebelumnya, religiusitas, self-efficacy dan self-control merupakan beberapa faktor yang memiliki hubungan dengan perilaku menyontek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas, self-efficacy dan self-control dengan perilaku menyontek siswa. Sampel penelitian ini terdiri atas 320 siswa SMP Negeri di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru. Data penelitian ini diperoleh dari skala psikologis, yaitu skala religiusitas, skala self-efficacy, skala self-control dan skala perilaku menyontek. Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas konstruk dengan teknik koefisien korelasi Product Moment Pearson. Uji reliabilitas menggunakan uji statistik koefisien reliabilitas Alpha. Analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara religiusitas dengan perilaku menyontek siswa sebesar 47,2 %. Kedua terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self-efficacy dengan perilaku menyontek siswa sebesar 64,0 % . Ketiga terdapat hubungan negatif yang signifikan antara self-control dengan perilaku menyontek siswa sebesar 71,1%. Keempat terdapat hubungan negatif yang signifikan antara religiusitas, self-efficacy dan self-control dengan perilaku menyontek siswa secara bersamaan sebesar 52,9%, dan sisanya sebesar 47,1% berhubungan dengan variabel lain. Artinya semakin tinggi religiusitas, self-efficacy dan self-control siswa, maka semakin rendah perilaku menyontek siswa. Tingkat perilaku menyontek siswa secara mayoritas, yaitu sebesar 73.1% berada pada kategori sangat rendah. Kata Kunci: Religiusitas, self-efficacy, self-control, Perilaku Menyontek, dan Siswa SMP Negeri Kecamatan Marpoyan Damai.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 25 Feb 2021 05:00
Last Modified: 25 Feb 2021 05:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46535

Actions (login required)

View Item View Item