Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMODELAN SOLAR WINDOW SEMITRANSPARENT PHOTOVOLATAIC PANELS UNTUK MENGHASILKAN POTENSI ENERGI LISTRIK (Studi Kasus: Pekanbaru, Riau)

ABDUL HAFIZ SYAM, - (2021) PEMODELAN SOLAR WINDOW SEMITRANSPARENT PHOTOVOLATAIC PANELS UNTUK MENGHASILKAN POTENSI ENERGI LISTRIK (Studi Kasus: Pekanbaru, Riau). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR ABDUL HAFIZ SYAM.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

PEMODELAN SOLAR WINDOW SEMITRANSPARENT PHOTOVOLATAIC PANELS UNTUK MENGHASILKAN POTENSI ENERGI LISTRIK (Studi Kasus: Pekanbaru Riau) ABDUL HAFIZ SYAM 11455105031 Program Studi Teknik Elektro Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Kota Pekanbaru merupakan kota dengan konsumsi energi yang selalu meningkat sebesar 9.8% disetiap tahunnya Untuk Memenuhi beban kosumsi energi listrik, maka pada penelitian ini menawarkan pembangkit listrik tenaga surya yang terintegrasi dengan kaca bangunan atau Solar Windows Panels. Tujuan dari penelitian ini adalah memodelkan Solar Window Semitransparent Photovoltaic Panels dan menghasilkan potensi energi listrik di kota Pekanbaru. Metode pada penelitian ini menggunakan pemodelan simulasi dengan menggunakan software comsol 5.3a dengan Finite Element Method (FEM). Skenario pemodelan menggunakan perubahan parameter ketebalan kaca yaitu 4mm, 5mm dan 6mm. Mendapatkan hasil temperatur terbaik sebesar 302.12 K pada ketebalan kaca 4mm diorientasi utara. Efisiensi sel PV terbaik sebesar 7.7932% pada ketabalan kaca 4mm diorientasi Utara. Losses efisiensi terbaik sebesar 0.9864% pada ketebalan kaca 4mm diorientasi utara. Energi listrik sebesar 0.26647 kWh pada ketebalan kaca 5mm diorientasi barat. Penggunan sel PV yang terintegrasi pada kaca bangunan atau Solar Window Panels dapat menghasilkan potensi energi listrik terbaik pada ketebalan kaca 4mm. Kata Kunci : Listrik, model simulasi, Comsol Multiphysics

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 621 Fisika Terapan > 621.381 Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 25 Feb 2021 11:59
Last Modified: 25 Feb 2021 11:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46514

Actions (login required)

View Item View Item