Fani Sukma Dewi, - (2021) THE USE OF RIPPE WRITING STRATEGY ON TEACHING WRITING DESCRPTIVE TEXT AT THE EIGHT GRADE OF SMPN 17 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
CHAPTER IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
||
|
Text
THESIS FANI SUKMA DEWI.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Fani Sukma Dewi, (2021):Penggunaan strategi menulis Ripple terhadap Kemampuan Menulis Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru. Fokus utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi Ripple Writing pada kemampuan menulis siswa di SMP Negeri 17 Pekanbaru. Penulis merumuskan masalah menjadi dua rumusan masalah yang akan dijawab dengan menggunakan penelitian kuantitatif, yaitu; 1 Apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi Ripple Writing pada Kemampuan menulis siswa di SMP Negeri 17 Pekanbaru? dan 2) Pada komponen manakah penggunaan strategi Ripple Writing memiliki efek terbesar pada kemampuan menulis siswa ? Penelitian ini memiliki dua variabel, strategi Ripple Writing sebagai variabel independen dan kemampuan menulis siswa sebagai variabel dependen. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental. Penulis memilih dua kelas dari total 5 kelas menggunakan teknik pengambilan sampel kelompok secara acak: kelas eksperimen dan kontrol. Ada 57 siswa sebagai sampel dari 153 siswa. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan observasi dan tes menulis. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan rumus independent sample t-test dihitung dengan menggunakan SPSS versi 23 dilanjutkan dengan menggunakan rumus eta square. Berdasarkan analisis t-test, nilai sig. adalah 0,000. Hal ini dapat dinyatakan bahwa 0,000<0,50. Kemudian, effect size adalah 0,53 pada tingkat yang besar, maka Ha diterima. Penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi Ripple Writing pada Kemampuan menulis siswa di SMP Negeri 17 Pekanbaru. Dan efek terbesar ada pada komponen keempat dari kemampuan menulis yaitu kosakata dimana nilai effect size adalah 0,45 pada tingkat tinggi. Kata kunci: strategi Ripple Writing, kemampuan menuis, Teks deskriptif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 05:09 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 05:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46512 |
Actions (login required)
View Item |