Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME MELALUI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA 32 PEKANBARU

YAYUK SURYANINGSIH P, - (2020) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME MELALUI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA 32 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (29MB) | Preview
[img] Text (BAB IV PEMBAHASAN)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (980kB)

Abstract

ABSTRAK Yayuk Suryaningsih, (2020):Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontruktivisme Melalui Strategi Pembelajaran The Power of Two terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika Siswa SMP Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan kontruktivisme melalui strategi pembelajaran the power of two dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika ditinjau dari pengetahuan awa lmatematika pada siswa SMP Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Non-Equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 32 Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Kelas yang digunakan yaitu VII.1 dan VII.4 dipilih berdasarkan masukan atau saran dari guru bidang study dan dengan melakukan uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t, dan annova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan kontruktivisme melalui strategi pembelajaran the power of two dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai dan 2,00 pada taraf signifikan 5%. Maka nilai nilai yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. 2) Terdapat efek interaksi antara pendekatan dan pengetahuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa dimana maka diterima dan ditolak. Kata kunci : Pendekatan Kontruktivisme Melalui Strategi Pembelajaran The Power of Two, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pengetahuan Awal Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Feb 2021 06:27
Last Modified: 25 Feb 2021 06:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46511

Actions (login required)

View Item View Item