Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TERHADAP PUTUSAN PERKARA NOMOR 1758/PDT.G/2020/PA.PBR MENGENAI HADHANAH KEPADA AYAH DALAM PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI’AH

RISKA PUTRI MULIA, RP (2021) ANALISIS TERHADAP PUTUSAN PERKARA NOMOR 1758/PDT.G/2020/PA.PBR MENGENAI HADHANAH KEPADA AYAH DALAM PERSPEKTIF MAQASID ASY-SYARI’AH. Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
riska bab 1-5.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
riska bab IV.pdf

Download (781kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis terhadap putusan perkaranomor 1758/pdt.g/2020/pa.pbr mengenai hadhanah kepada ayah dalam perspektif maqasid asy-syari’ah Jenis. Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengkaji hukum yang dikonsepkan sebagai norma atau kaidah yang berlaku dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan riset kepustakaan (libraryresearch) dan pendekatan kualitatif. Pengumpulandatayang digunakan adalah studi kepustakaan atau dokumentar. Pengumpulan data dilakukan dengan menyusun dan mengkaji literatur-literatur pustaka yang cocok dengan objek yang dimaksud,sepertikitab-kitabfiqih,Undang-Undangdantafsir hadist serta jurnal yang berkaitan dengan rumusan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana putusan Pengadilan Agama Pekanbaru nomor 1758/Pdt.G/2020/PA.Pbr mengenai hadhanah kepada ayah pertimbangan hakim dalam menetapkan putusan perkara nomor 1758/Pdt.G/2020/PA.Pbr mengenai hadhanah kepada ayah, analisis putusan perkara nomor 1758/PDT.G/2020/PA.Pbr mengenai hadhanah kepada ayah dalam Perspektif Maqasid Asy-Syari’ah. Adapun hasil dari penelitian ini, hakim mengabulkalkan permohonan penggugat atas hak hadhanah kepadanya. Pertimbangan hakim dalam putusan karena anak memilih penggugat sebagai pemenang hak hadhanah dan hakim menimbang bahwa penggugat bisa memberikan kasih sayang, dan nafkah. Analisa putusan hakim dalam menetapkan perkara ini sudah sesuai dengan Undang-undang perkawinan, Undang- undang perlindungan anak dan sudah sesuai dengan pandagan maqasidasy-syariah berdasarkan landasan lima kaedah umum.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 25 Feb 2021 06:13
Last Modified: 25 Feb 2021 06:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46505

Actions (login required)

View Item View Item