Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Principal Component Analysis (PCA) dan Backpropagation Neural Network (BPNN) untuk Pengenalan Pola Daun Telinga Seseorang

Ahmad Zahabi, - (2021) Penerapan Metode Principal Component Analysis (PCA) dan Backpropagation Neural Network (BPNN) untuk Pengenalan Pola Daun Telinga Seseorang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File lengkap kecuali BAB Hasil Penelitian (Bab IV dan atau Bab V) Ahmad Zahabi-11351106363.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File BAB Hasil Penelitian (Bab IV dan atau Bab V) Ahmad Zahabi-11351106363.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Biometrika merupakan salah satu teknik identifikasi seseorang berdasarkan bentuk fisik atau karakteristik yang dimilikinya. Salah satu contoh dari biometrika adalah daun telinga. Daun telinga seseorang dapat mengenali identitas pemiliknya berdasarkan bentuk dari daun telinga masing-masing individu tersebut. Dalam penelitian ini dilakukan pengenalan pola daun telinga seseorang dengan menggunakan metode ekstraksi ciri PCA (Principal Component Analysis) dan proses klasifikasi menggunakan metode BPNN ( Backporpagation Neural Network). Ekstraksi ciri PCA digunakan untuk mereduksi citra daun telinga tanpa kehilangan informasi didalamnya, hingga mendapatkan nilai PC (Principal Component) dari masing-masing citra sebelum masuk ke proses klasifikasi dengan menggunakan metode BPNN. Dari 400 citra daun telinga yang terkumpul akan dibagi sesuai dengan rasio pengujian yaitu dengan perbandingan data latih dan data uji 90%:10%, 80%:20% dan 70%:30%. Hasil akhir dari aplikasi yang dibangun dalam penelitian ini adalah berupa pengenalan identifikasi pemilik dari citra daun telinga yang diproses tersebut apakah berhasil dikenali atau tidak. Berdasarkan pengujian akurasi menggunakan metode confusion matrix, maka didapatkan hasil akurasi tertinggi yaitu sebesar 100% pada pembagian data latih dan data uji 90%:10% dengan nilai N = 20, learning rate 0,5, dan neuron hidden 20. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa metode PCA-BPNN dapat digunakan untuk pengenalan pola daun telinga seseorang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 25 Feb 2021 10:29
Last Modified: 25 Feb 2021 10:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46475

Actions (login required)

View Item View Item