PERAN GURU PEMBIMBING TERHADAP KEIKUTSERTAAN SISWA DALAM BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru)

Zul Hijjah, (2014) PERAN GURU PEMBIMBING TERHADAP KEIKUTSERTAAN SISWA DALAM BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH (Studi Kasus Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran guru pembimbing terhadap keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar luar sekolah (2) untuk mengetahui faktor-faktor mendukung dan menghambat peran guru pembimbing terhadap keikutsertaan sisewa dalam bimbingan belajar luar sekolah di SMPN 8 pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah guru pembimbing yang berada di SMPN 8 pekanbaru dan siswa yang ikut bimbel. Untuk mengumpulkan data digunakan angket dan wawancara. Data wawancara dianalisa dengan kualitatif dan data angket dianalisa dengan teknik kuantitatif persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siwa menilai peran guru pembimbing baik (55,5%) terhadap keikutsertaan siswa bimbingan belajar diluar sekolah aspeknya adalah (a). guru pembimbing sebagai informan dalam bimbingan belajar luar sekolah (57%). (b). Guru pembimbing sebagai motivator siswa yang mengikuti bimbingan belajar luar sekolah (91%). Aspek yang diungkap siswa bahwa guru pembimbing sangat tidak berperan adalah : guru pembimbing sebagai evaluator siswa yang mengikuti bimbel (79%). Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peran guru pembimbing terhadap keikutsertaan siswa dalam bimbel luar sekolah yang didapat dari hasil wawancara mengungkapkan bahwa (1) faktor pendukungnya adalah adanya kerajasama guru pembimbing dengan guru mata pelajaran dan orang tua siwa (2) faktor penghambatnya adalah guru pembimbing menemukan kendala-kendala yaitu keterbatasan ekonomi orang tua dan orang tua lebih berkeinginan ikut bimbel dari pada anaknya sendiri dan juga pengaruh dari teman yang kurang baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 10 May 2016 18:26
Last Modified: 10 May 2016 18:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4644

Actions (login required)

View Item View Item