Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 TAPUNG

AYU NOVITA SARI, - (2021) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 TAPUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV.pdf

Download (26MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV ayu edit1 (58-84) OKKayu.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)

Abstract

ABSTRAK Ayu Novita Sari, (2021): Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif dengan mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tapung tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa setiap masing-masing kelas. Teknik analisis data menggunakan uji pearson product moment dan anova dua arah (two factorial design). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif dengan mind mapping terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung = 4,4296 dan Ftabel = 4,03. Pada taraf signifikan 5%, maka nilai Fhitung Ftabel; 2) Besar kontribusi pengetahuan awal terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis adalah 51,54% dan sisanya ditentukan oleh faktor lain. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan awal siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasilnya diperoleh bahwa Fhitung < Ftabel pada taraf signifikan 5% diperoleh -6,9817 < 3,18. Kata kunci : Mind Mapping, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Pengetahuan Awal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Feb 2021 12:24
Last Modified: 24 Feb 2021 12:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46395

Actions (login required)

View Item View Item