Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku TBS Menggunakan Metode Continuous Review System dan Blanked Order System Dalam Upaya Meminimalkan Biaya Persediaan TBS (Studi Kasus : PTPN V PKS Sei Rokan)

M. Faddly Arfansyah, - (2021) Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku TBS Menggunakan Metode Continuous Review System dan Blanked Order System Dalam Upaya Meminimalkan Biaya Persediaan TBS (Studi Kasus : PTPN V PKS Sei Rokan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (BAB I-BAB VI Kecuali BAB IV dan BAB V)
Laporan BAB I-BAB VI Kecuali BAB IV DAN BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV dan BAB V)
BAB IV DAN BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PKS Sei Rokan merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan kelapa sawit. Persediaan bahan baku TBS diperusahaan tidak menentu, tergantung dari jumlah kebutuhan produksi. Dalam proses pengolahan bahan baku kelapa sawit, perusahaan pada bagian logistik atau persediaan tidak terlepas dari permasalahan persediaan bahan baku TBS yang merupakan bagian dari kebutuhan utama untuk produksi perusahaan. Perusahaan ini menghadapi permasalahan yaitu tingkat fluktuasi terhadap kebutuhan, serta lead time dilakukannya pemesanan yang dapat menyebabkan terjadinya stock out dan kekurangan pada persediaan bahan baku TBS yang berdampak pada terganggungnya kegiatan proses produksi. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk melakukan analisis pengendalian persediaan bahan baku menggunakan metode continuous review system dan blanked order system,untuk terhindar dari terjadinya kekurangan bahan baku pada persediaan bahan baku yang akan digunakan dan untuk meminimalkan total biaya persediaan yang harus dikeluarkan pada perusahaan serta menentukan metode persediaan yang terbaik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah diperolehnya safety stock 1.638 ton dan diketahuinya reorder point 5.093 ton untuk jadwal dilakukannya pemesanan kembali bahan baku TBS dengan menggunakan metode contininuous review system. Berdasarkan dari hasil perhitungan biaya persediaan menggunakan metode contininuous reviw system menjadi metode yang paling optimal dengan total biaya persediaan yang lebih minimal jika dibandingkan menggunakan metode blanked order system dan juga kebijakan perusahaan sebelumnya dengan penghematan yang dihasilkan sebesar 0,10 %. Kata kunci: Blanked Order System, Continuous Review System, Pengendalian Persediaan, Probabilistik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 03 Mar 2021 02:06
Last Modified: 03 Mar 2021 02:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46388

Actions (login required)

View Item View Item