MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK DYNAMIC TRUE OR FALSE PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI O15 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR

Rika Nita Sari, (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEKNIK DYNAMIC TRUE OR FALSE PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI O15 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan di SDN 015 Koto Perambahan, diketahui terdapat gejala-gejala atau permasalahan yang terjadi pada siswa kelas IV yaitu rendahnya hasil belajar siswa, hal ini terlihat pada nilai Sains siswa masih rendah dibawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 65. Melihat kenyataan dilapangan penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Teknik Dynamic True or False. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui Strategi Pembelajaran Aktif Teknik Dynamic True or False pada mata pelajaran sains siswa kelas IV SDN 015 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Berntuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 015 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar dengan siswa sebanyak 25 orang siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif teknik dynamic true or fasle. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan, diketahui ketuntasan hasil belajar siswa di kelas sebelum tindakan adalah 44% dengan nilai rata-rata 58.56, pada siklus I diketahui tingkat ketuntasan hasil belajar siswa berada pada persentase 64% dari keseluruhan siswa, dengan nilai rata-rata 63, dan belum mencapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II tingkat ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dengan persentase 88% dari keseluruhan siswa, dengan nilai rata-rata 71. Dengan demikian secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa kelas IV terjadi peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Teknik Dynamic True or False ini dapat meningkatkan hasil belajar Sains siswa kelas IV SDN 015 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 10 May 2016 17:22
Last Modified: 10 May 2016 17:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4631

Actions (login required)

View Item View Item