Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PRODUKSI PAKCOY (Brassica rapa L.) SEMI ORGANIK HIDROPONIK) DI KOTA PEKANBARU

FATONAH AYU NINGSIH, - (2021) ANALISIS PRODUKSI PAKCOY (Brassica rapa L.) SEMI ORGANIK HIDROPONIK) DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File Lengkap Sampai Lampiran Kecuali Hasil Penelitian(1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)

Abstract

Pertanian organik yang diusahakan memberi keuntungan yang cukup besar kepada pembangunan pertanian rakyat. Hal ini disebabkan karena harga jual dari produk pertanian organik lebih tinggi dan juga dalam hal konservasi sumber daya lahan dan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui biaya produksi, penerimaan, dan pendapatan rata-rata per musim tanam yang digunakan dalam usahatani pakcoy organik di Kecamatan Rumbai Kota Pekanabaru dan untuk menganalisis kelayakan usaha tani pakcoy organik di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey terhadap kelompok usahatani yang terdiri dari Kelompok Tani Suka Tani Lembah Sari, Sumber Rejeki Meranti Pandak, Harapan Tani Maju Sungai ambang, Lestari Tebing Tinggi dan Kelompok Tani Palas Mandiri Agrowisata yang berlokasi di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru dan mendominasi produksi sayuran organik di Kota Pekanbaru. Sedangkan waktu penelitian dilaksanakan selama bolan Oktober 2020 sampai Januari 2021. Penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan mengambil kasus pada kelompok usahatani pakcoy organik di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru dengan alat analisis menggunakan analisis kelayakan usaha (R/C). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Biaya produksi rata-rata per musim tanam yang digunakan dalam usahatani pakcoy organik di Kecamatan Rumbai Kota Pekanabaru adalah sebesar Rp 3.792.000,-. Selanjutnya Penerimaan rata-rata per musim tanam yang digunakan dalam usahatani pakcoy organik di Kecamatan Rumbai Kota Pekanabaru adalah Rp 5.767.800,. Pendapatan rata-rata permusim tanam yang di peroleh petani pakcoy organik di Kecamatan Rumbai Kota Pekanabaru adalah Rp. 1.975.000,. Produksi sayur organik jenis pakcoy dengan imbangan Penerimaan (R) dan biaya (C) atau R/C untuk pakcoy organik jenis pakcoy adalah lebih besar dari 1 yaitu rata-rata 1,54, artinya setiap satu satuan rupiah pengeluaran atau biaya untuk usaha tani pakcoy organik jenis akan menghasilkan penerimaan Rp 1,54 dari rata – rata usaha tani di Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 24 Feb 2021 05:34
Last Modified: 24 Feb 2021 05:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46303

Actions (login required)

View Item View Item