Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Kemampuan Membaca Al Qur’an terhadap Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Cendana Pekanbaru

Ahmad Shodkin, - (2021) Pengaruh Kemampuan Membaca Al Qur’an terhadap Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Cendana Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Shodkin, (2020) : Pengaruh Kemampuan Membaca Al Qur’an terhadap Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Cendana Pekanbaru Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu kemampuan membaca al-Qur’an sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan pemahaman materi Pendidikan Agama Islam sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Dengan rumusan masalah Apakah ada pengaruh positif yang signifikan kemampuan membaca al-Qur’an terhadap pemahaman materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Cendana Pekanbaru. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa muslim kelas XI Sekolah Menengah Atas Cendana Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca al-Qur’an dan pemahaman materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Cendana Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah 79 siswa di SMA Cendana Pekanbaru. Dalam penelitian ini penulis mengambil sampel sebanyak 79 siswa dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Korelasi Product Moment. Dalam pengolahan data tersebut peneliti menggunakan SPSS. Versi 16.0 for windows.Berdasarkan analisis data maka disimpulkan bahwa kemampuanmembaca al-Qur’an tergolong baik. Dari hasil analisis statistik dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment dapat diketahui bahwa ada pengaruh kemampuan membaca al-Qur’an terhadap pemahaman materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Cendana Pekanbaru dengan perolehan angka indeks yang diperoleh dari rhitung0,517, lebih besar dari rtabel untuk sampel 79 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,217 dan pada taraf 1% sebesar 0,283 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, artinya ada pengaruh positif yang signifikan kemampuan membaca al-Qur’an terhadap pemahaman materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Cendana Pekanbaru. Kata Kunci: Kemampuan Membaca Al Qur’an, Pemahaman Materi PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:22
Last Modified: 24 Feb 2021 02:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46296

Actions (login required)

View Item View Item