Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KLASIFIKASI KOMENTAR SENTIMEN PADA CELEBRITY ENDORSEMENT ONLINE SHOP DI INSTAGRAM MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER

WAYAN WIDYATAMA, - (2021) KLASIFIKASI KOMENTAR SENTIMEN PADA CELEBRITY ENDORSEMENT ONLINE SHOP DI INSTAGRAM MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN V)
File Hasil Penelitian ( Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

WAYAN WIDYATAMA, (2021):KLASIFIKASI KOMENTAR SENTIMEN PADA CELEBRITY ENDORSEMENT ONLINE SHOP DI INSTAGRAM MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER Melakukan promosi melalui jejaring sosial sangatlah efektif karena media sosial menjangkau pelanggan atau konsumen lebih luas. Endorsement juga sangat berpengaruh terhadap pemilik barang sebagai tolak ukur bahwa endorsement tersebut tepat sasaran sehingga pemilik barang dapat menilai endorsement tersebut berhasil atau tidak dari komentar-komentar masyarakat sehingga tidak akan terjadi lagi kerugian dari pemilik barang yang mana tujuan dari endorsement yang utama adalah peningkatan penjualan pada produk mereka. Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk melakukan promosi tersebut. Salah satu kegiatan untuk mempromosikan bisnis di Instagram adalah mengunakan celebrity endorsement untuk produknya dimana Online shop mengirimkan beberapa produknya untuk di promosikan oleh celebrity endorsement. Untuk mengetahui apakah komentar masyarakat atau netizen positif, negatif atau netral diperlukan klasifikasi dengan menggunakan machine learning. Pada penelitian ini menggunakan metode Naive Bayes Classifier untuk klasifikasi komentar netizen. Pembobotan pada penelitian ini yang digunakan yaitu TF-IDF. Berdasarkan hasil pembobotan TF-IDF pada pengujian 90%:10% pada threshold 0, metode Naive Bayes Classifier berhasil dalam mengklasifikasikan koementar positif, negatif, dan netral di Instagram dengan akurasi tertinggi yaitu 96,67%. Kata Kunci : Celebrity, Endorsement, Instagram, Klasifikasi, Media Sosial, Naive Bayes Classifier, Online Shop

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 23 Feb 2021 16:43
Last Modified: 23 Feb 2021 16:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/46245

Actions (login required)

View Item View Item