PENERAPAN STRATEGI EACH ONE TEACH ONE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI ORGANISASI DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 028 DESA RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Islamiati, (2014) PENERAPAN STRATEGI EACH ONE TEACH ONE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI ORGANISASI DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 028 DESA RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi organisasi di kelas V Sekolah Dasar Negeri 028 Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar melalui strategi Each One Teach One. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar PKn materi organisasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 028 Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Gejala yang terlihat adalah siswa masih sulit untuk menjawab soal ulangan, dari 18 orang siswa hanya 10 atau 55,56 % yang memperoleh nilai KKM, yaitu 65, sedangkan yang lain masih tergolong belum tuntas. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Each One Teach One dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pada siklus I aktivitas guru tergolong “Cukup”, dengan persentase 65,63%, dan siklus II meningkat menjadi 89,06% tergolong “Baik”. Persentase aktivitas siswa siklus I adalah 70,14% atau tergolong “Cukup”, dan siklus II meningkat menjadi 86,81% atau tergolong “baik”. Meningkatnya aktivitas guru dan siswa sangat berpengaruhi terhadap hasil belajar siswa. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 10 orang (55,56%) siswa yang tuntas, dan 8 orang siswa (44,44%) belum tuntas. Setelah tindakan siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 13 orang siswa (72,22%) yang tuntas, dan 5 orang siswa (27,78%) belum tuntas. Siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 88,89% atau sekitar 16 orang siswa yang mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Dengan demikian, strategi Each One Teach One dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi organisasi di kelas V Sekolah Dasar Negeri 028 Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mutiara Jannati
Date Deposited: 10 May 2016 16:58
Last Modified: 10 May 2016 16:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/4623

Actions (login required)

View Item View Item